Sejarah Kelahiran Motor Vespa dan Keindahan Vespa Yang Tak Lekang Oleh Zaman

Siapa yg tidak kenal bersama motor satu ini. bila ada mungkin saja kamu bukan berasal satu planet dgn mimin atau kamu sedang mengalami trauma luar biasa , atau dapat dijamin ada sesuatu yg butuh diperiksa di kepala mas bro sekalian (jangan sampai serius gitu mas bro...)
Motor dgn segudang histori ini sangat membumi , telah pass lama wara wiri di jalanan tanah air.
Tetapi tahu kah mas bro peristiwa kelahiran sepeda motor ini?
Peristiwa kelahiran dari motor ini terbilang unik mas bro yah setidaknya menurut kaca mata kuda mimin.
Cekidot bro ...



Ujung akhir perang dunia ii, pabrik piaggio dibom oleh pesawat sekutu. sesudah perang usai, enrico piaggio membawa alih piaggio dari ayahnya (rinaldo piaggio). kepada saat itu perekonomian italia sedang memburuk, enrico memutuskan buat mendisain fasilitas transportasi yg murah. enrico memutuskan utk fokuskan perhatian perperjuanganannya kepada duduk perkara personal mobility yang diinginkan masybirat italia. seterusnya bergabunglah corradino d’ascanio, insinyur sektor penerbangan yg berbakat yg membuat rancangan, mengkonsep & menerbangkan helikopter mutakhir pertamanya piaggio. d’ascanio membuat design yg simple,hemat, nyaman & pun cantik. d’ascanio memimpikan suatu revolusi kendaraan baru. bersama membawa gambaran dari technologi pesawat terbang, ia melamun suatu kendaraan yg dibangun dgn satu buah “monocoque” atau unibody steel chassis. garpu depan serupa ban mendarat suatu pesawat yg mana beliah utk penggantian ban. akhirnya suatu desain yang teride dari pesawat yg yg sampai disaat ini tidak serupa bersama kendaraan lainnya.

sehingga terhadap 1945, konstruksi alternatif tersebut ditemukan. awalnya memang lah satu buah gagasan sepeda motor bersimpansengka besi dgn lekuk membundar bagai terowong. mengejutkan, nyatanya bidang staternya didesain bersama memakai komponen bom & rodanya membisubil dari roda pesawat tempur.

guna memaksimalkan wujud & keamanan penggunanya, pabrikan yg disaat itu masihlah terjikang juga sebagai perjuangan ''kaki lima'' membuat rancangan papan penutup kaki kepada sektor depan. proyek ini pribadi dipimpin oleh corradino d'ascanio. alimpiannnya itu, hak paten juga serentak sanggup mereka kantongi.

akhirnya, muncullah mula-mula kali product motor dgn seri mp5. kendaraan ini berteknologi sederhana tapi punyai wujud yg sangat menarik, bagai binatang penyengat (lebah/tawon) alimpiannnya wujud simpansengkanya.

tapi, alimpiannnya wujud penutup pengaman yg bagai papan selancar itu, sebanyak pekerja di pabrik piaggio pula bahkan mengatakannya sbg motor paperino. harap diingat, paperino artinya sindiran sinis buat tokoh donald duck (bebek). sehingga, d'ascanio serta putar logika utk memperbaiki model tersebut.

d’ascanio cuma membutuhkan sekian banyak hri utk mengonsep ulang wujud design kendaraannya & prototipnya dikasih nama mp6. kala enrico piaggio menonton protototip mp6 itu, beliau dengan cara tidak sengaja berseru “sambra una vespa” (tampak serupa tawon). hasilnya dari seruan tidak sengaja itu, diputuskan kendaraan ini disebut ‘vespa’ (tawon dalam bahimpian indonesia). kepada april 1946, prototip mp6 ini sejak mulai diproduksi mimpianl di pabrik piaggio di pontedera, italia.

kepada akhir 1949, sudah di produksi 35000 satuan & dalam 10 th sudah memproduksi 1 juta satuan & kepada pertengahan th 1950. selagi thn 1960-an & 1970-an vespa jadi simbol dari revolusi gagimpiann kepada diwaktu itu.

perkembangan setelah itu, product ini nyatanya laris diserap pimpianr prancis, inggris, belgia, spanyol, brazil, & india -- tidak hanya di pimpianr domestik product ini lsaya bagai kacang goreng. terkecuali itu, india serta memproduksi type & wujud yg sama dgn membawa mesin bajaj. jenisnya artinya bajaj deluxe & bajaj nomor wahid. sebanyak pihak lantas ajukan lamaran utk joint menciptakan vespa. sehingga kepada 1950 munculah vespa 125 cc buatan jerman.

terhadap disaat itu tidak sedikit negeri lain yg coba menciptakan product mirip, tapi nyatanya mereka tidak sedikit juga sanggup menyaingi piaggio. di antara pesaing itu artinya lambretta, heinkel, zundapp, & nsu. bagi masybirat indonesia, product lambretta & zundapp, pernah terkenal di zaman 1960-an.

selidik miliki selidik, fanatisme kepada vespa nyatanya muncul yg bakal berlangsung ciri dimpianr wujud motor ini yg senantiasa dipertahankan terhadap tiap-tiap product berikutnya. bahkan disaat mereka terjikang melsayakan ''revolusi'' wujud kepada product baru, vespa 150 gs, kekhimpiann pantat bahenol tetap terimpian melekat.

product 150 gs -- ketika itu dikenal yang merupakan vespamore & nyaris senantiasa tampil di tiap film thn 1960-an -- benar-benar kemudi & lampu sorotnya mulai sejak dibuat menyatu. namun, dengan cara total lebih-lebih wujud pantatnya, memang lah masihlah membundar. & narasi konsisten berlanjut saat ini dgn model generasi baru vespa, mempersembahkan vespa et2, vespa et4, vespa granturismo & vespa px150. vespa bukan cuma sekedar scooter namun salah satu icon akbar orang italia.

Sejarah Kelahiran Motor Vespa dan Keindahan Vespa Yang Tak Lekang Oleh Zaman | Joe | 5

0 komentar:

Posting Komentar