Ini Dia Vespa Terkencang di Dunia Dengan Bentuk Full Fairing yang Aneh

Skuter Vespa identik dengan nuansa retro, dikendarai dengan santai membelah jalan demi jalan melanglang jauh ke belahan benua lain. Namun tahukah anda jika Vespa juga bisa kencang layaknya motor-motor balap masa kini di lintasan balap?

Apakah anda pernah mendengar nama Vespa Monthlery? Apakah nama ini terdengar asing di telinga sobat scooter?
Vespa ini pada dasarnya adalah Vespa 125cc dengan bentuk yang dirancang ulang dengan mengandalkan alloy frame. Disebut sebagai Vespa ajaib karena memang bentuknya yang unik dan tidak biasa, bahkan pada zamannya. Vespa Monthlery lahir pada 7 April di tahun 1950. Kehadirannya saat itu untuk menandingi kecepatan yang dimiliki oleh Lambretta Innoncenti Special.

vespa monthlery

Selain untuk menandingi rivalnya, skuter ini lahir untuk menciptakan kesan sporty pada Vespa. Pabrikan ini tak hanya ingin dikenal sebagai pabrikan motor komuter yang enak dipakai jalan santai. Dia juga ingin dikenal sebagai penghasil skuter-skuter kencang. 

Vespa Monthlery mengalami pengujian beberapa kali. Dalam pengujiannya skuter in mencatatkan banyak sekali rekor dalam hal kecepatan. Rekor terbaiknya saat itu adalah 134 km/jam. Ukuran yang cukup kencang pada masa itu (tahun 1950).
Vespa Monthlery


Pembuktian kencangnya Vespa ini tak sampai disitu. Lewat pebalap Mazzoncini, Vespa Monthlery unggul atas balapan yang digelar di Genoa, Italia. Dia unggul dari rival utamanya saat itu yakni Lambretta. Dua pabrikan ini dulunya adalah musuh bebuyutan sebelum akhirnya melebur menjadi satu lewat Piaggio. 

Dari segi desain, jelas Vespa Monthlery terasa aneh untuk sebuah motor balap. Desainnya tidak umum untuk motor balap/sirkuit bahkan pada masanya. Bentuk fairing yang cukup besar, melonjong seperti peluru. Posisi rider dipaksa menunduk mengikuti windshield depan yang bentuknya mirip seperti kepala hiu. 
Vespa Monthlery


Namun hingga kini otovespa belum berhasil menemukan rekaman video berapa cepat Vespa Monthlery ini dapat melaju, dan bagaimana akselerasinya. Dan yang paling membuat penasaran adalah bagaimana caranya melahap tikungan dengan fairing unik ini. 

Apakah sobat otovespa merasakan hal yang sama? Jika mempunyai referensi lain, sudi kiranya sobat membagikannya di kolom komentar di bawah. 


Reference:
vespaklasik-nusantara.blogspot.com/2017/02/percaya-atau-tidak-inilah-vespa.html
gridoto.com/read/01214979/ajegile-sob-ini-dia-vespa-full-fairing-pemecah-17-rekor-dunia?page=
Ini Dia Vespa Terkencang di Dunia Dengan Bentuk Full Fairing yang Aneh | Joe | 5

0 komentar:

Posting Komentar