Cara Menghidupkan Vespa yang Mati Mesin Saat Gas Dibuka

Digas kok malah mati, digas kok malah brebet. Rasanya hampir semua scooterist merasakan kendala ini. Terkhususnya untuk yang memakai vespa tua. Gejala ini adakalanya kambuh. Dan lebih parahnya, penyakit ini terkadang kambuh di saat yang tidak tepat.

Vespa mati saat gas dibuka, vespa mogok gas dibuka
pict by Blawus Exrim

Lantas apa yang menjadi penyebab dari vespa yang mati saat throtle gas dibuka?
Berbicara penyebab pasti, tentunya beda motor beda pula penyebabnya. Perlu pengecekan langsung untuk mengetahui penyebab pastinya. Meski demikian, hal-hal umum yang menjadi penyebabnya bisa disimpulkan ada pada bagian ini :

  • Setting Karburator (posisi idle) yang tidak pas
  • Karburator kotor
  • Pengapian 


Tiga hal di atas adalah yang menjadi paling umum penyebab dari Vespa mati saat gas dibuka. 
Untuk settingan karburator mencari posisi idle memang gampang-gampang sulit. Perlu feeling dan kesabaran untuk melakukan ini. Terlebih lagi untuk karburator yang tidak standar atau karburator yang sudah lemah. 
pict by: Edi Erfanto

Masalah Karburator yang kotor, sebenarnya tak cukup hanya membersihkan karburatornya saja. Spuyer dan tangki juga wajib menjadi perhatian. Sumber pertama aliran bensin adalah di tangki. Kamu wajib periksa bagian ini. Bersihkan tangki menjadi hal wajib sebelum kamu membersihkan karburator. Cukup lakukan per enam bulan. 

Masuk ke masalah pengapian. Setidaknya ada beberapa part yang mungkin bisa menjadi masalah di sini, yakni busi, spul, platina, koil,kondensor. 

Perihal busi, ini masih berkaitan pula dengan karburator. Periksa warna busi vespa anda. Jika berwarna gelap kehitaman, kemungkinan besar masalahnya ada di stelan spuyer. Dan jika busi dalam keadaan baik-baik saja (merah bata kering), maka busi dan karburator sudah tepat, harap periksa bagian lain sperti platina, koil dan kondensor. 

pengapian vespa;platina vespa;koil vespa
pict by: scootermercato.com

Percikan api busi yang berwarna merah berarti kemungkinan besar ada dua penyakitnya. Pertama koil yang sudah lemah atau kemungkinan kedua, yakni jarak kerengganan platina kurang tepat. Stel kerapatan platina dengan menggunakan obeng atau pengunkit lainnya. Hindari mengetok kecuali terpaksa. 

Terakhir jika Vespa masih mati saat gas dibuka, periksalah spul. Jika lilitan spul sudah lecet atau ada yang kendur, maka spul bisa digulung ulang atau diganti baru. 
Cara Menghidupkan Vespa yang Mati Mesin Saat Gas Dibuka | Joe | 5

0 komentar:

Posting Komentar